(Akhirnya) Ju-On 4 The Finale

Ju-on-_The_Final-p1Saya begitu bersemangat ketika mengetahui Ju-On ada film baru-nya, versi Jepang, dengan Toshio yang berkeliaran di setiap sudut film. Film ini kabarnya merupakan installment terakhir sehingga diberi sub-judul The Finale. Trailernya sendiri pertama kali saya tonton lewat twitchfilm dan tidak menyangka kalau filmnya mendapat slot untuk ditayangkan di bioskop baru kesukaan yang lebih murah dari bioskop langganan. Menurut saya walaupun berjudul Ju-On 4 The finale, film yang terakhir ini terasa seperti reboot dari aslinya.

Ju-On masih diceritakan dari sudut pandang orang-orang yang terlibat atau pun terkena dampak dari kutukan tersebut, tersebutlah kakak dari guru SD-nya Toshio bersama dengan pacarnya, seluruh anggota keluarga angkat Toshio sampai dengan teman-teman dari kakak angkatnya Toshio. Loh, Toshio bukannya sudah mati? Saya kira begitu, namun di film ini diceritakan kembali bagaimana Toshio dan Ibunya jadi menyimpan kutukan itu. Cukup bingung juga mau bilang ini reboot atau bukan.

Film dibuka dengan sudut pandang Mai, seorang kakak dari guru SD-nya Toshio yang hilang tak tentu rimba. Ketika dia terbangun di malam hari, menemukan adiknya atau arwahnya atau bayangannya sedang duduk bersimpuh di ruang tamu sambil memutar-mutarkan jarinya di meja membentuk gambar spiral. Ketika saya melihat gambar spiral itu saya teringay film jepang lainnya yang berjudul Uzumaki tentang anak yang terobsesi dengan spiral. Saya kira Ju-On ini ada hubungannya dengan Uzumaki. Lalu seperti yang lalu-lalu, kehidupan Mai seperti di terror dengan kehadiran Toshio dan mamanya yang bisa muncul di mana saja.

Dari sisi cerita, saya merasa Ju-On yang ini seperti reboot dari yang awal karena menceritakan tentang bagaimana Toshio dan ibunya meninggal, lengkap dengan kucing hitamnya itu. Namun kalau di film awal, kucingnya Toshio dimasukkan ke mulut ibunya, kalau yang di film ini kucing yang lucu itu dimasukkan ke dalam microwave. Namun anehnya Toshio yang seperti tuyul itu tetap ada, namun ada Toshio lain yang dirasuki oleh si Toshio tuyul. Namun tidak yakin juga film ini sebuah reboot karena ada suatu adegan di mana rumah penyebab kutukan itu telah diruntuhkan. Tapi kutukan tetap ada karena Toshio yang dirasuki itu pindah ke rumah yang lain. tumblr_inline_nr1ir20qOP1tua96h_500

Keseruan dari Ju-On adalah kemunculan dari Toshio dan Kayako yang bisa di mana saja seperti dari balik selimut, di balik rambut, di toilet atau pun di balik kertas koran yang tergeletak di tengah jalan. Karena saya sudah dapat menebak di mana saja Toshio muncul, jadinya saya deg-degan menunggu kehadiran tuyul kecil ini. Hasilnya saya dan teman malah tertawa di dalam bioskop ketika kebanyakan orang berteriak ketakutan. Hantu Kayako juga hadir di tempat-tempat yang saya sebutkan tadi itu dengan pertanda rambut kusut menjalar. Kayako masih berupa hantu pegel dengan bunyi gemeletuk tulang ketika dia sedang menyeret tubuhnya ke arah korban yang herannya tidak dapat berbuat apa-apa walaupun Kayako mendekati dengan sangat lambat.

Namun secara keseluruhan film ini tidak berhasil membuat saya ketakutan. Tidak seperti film horor jepang yang ditayangkan di salah satu channel tv berbayar yang temanya beda-beda yang membuat saya takut naik kereta terakhir. Ju-On hadir dengan komponen horor yang cukup membuat sebagian orang ketakutan dengan adegan dan musik yang sangat mendukung. Cerita ditutup dengan menggantung sehingga saya masih bertanya-tanya apakah kutukan itu telah hilang atau tidak, karena saya termakan dengan sub-judul The Final itu. Entah apa maksudnya dengan final dari judul itu, mungkin ini film terakhir dari franchise Ju-On yang terkenal itu. Karma pasti akan selalu ada dan menurut saya kutukan yang menjadi karma akan tetap ada di kehidupan orang-orang yang bersinggungan dengannya, namun cukup sudah penceritaannya sehingga mungkin franchisenya diakhiri pada film ini. Mungkin jepang butuh ide baru untuk cerita horor agar kembali merajai tema perfilman dunia.

7.5/10.

Leave a Reply

