Anime & Manga: Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Postingan hari ini mengenai Gekkan Shoujo Nozaki-kun. Manga atau anime? Dua-duanya. Ngomong-ngomong, lama kelamaan blog ini isinya film jepang semuanya. Ah tapi tenang saja, saya wajib harus nonton Terminator Genisys, eh Genysis, atau bagaimana sih tulisannya itu? Dan saya pastikan ulasannya dibuat.its-an-eclectic-cast-alright

Sementara itu, kita kembali ke Nozaki-kun. Animenya pertama kali dikenalkan oleh seorang teman dengan sangat menggebu-gebu kalau saya wajib sekali nonton animenya. Penasaran dan untungnya ada situs striming online anime kesayangan, jadilah saya tes anime ini untuk satu episode dulu. Apa yang saya temukan adalah sebuah anime komedi romantis yang komposisi komedinya jauh lebih banyak dari romantisnya.

Nozaki-kun bercerita tentang seorang anak SMA perempuan (Chiyo Sakura) yang menyatakan perasaannya kepada seorang anak laki-laki (Umetaro Nozaki) yang ternyata disalah artikan oleh Nozaki dan malah memberi Sakura tanda tangannya. Setelah Sakura ke rumah Nozaki untuk membantu mewarnai panel komik, barulah Sakura sadar kalau Nozaki sebenarnya adalah penulis komik yang terkenal dengan karya-karyanya yang sangat “anak perempuan”. Selanjutnya film diisi dengan hari-hari Nozaki mencari ide untuk jalan cerita komiknya dengan memperhatikan kelakuan teman-temannya dan juga teman Sakura yang sungguh ajaib.

Kashima-HorisenpaiBerbeda dengan komedi romantis yang saya tonton sebelumnya seperti Kaichou wa Maid-sama!, Nozaki-kun sangatlah lucu. Seperti teman saya yang lebih menyukai melihat hubungan Wakamatsu dan Seo-senpai di film ini, saya juga lebih suka melihat hubungan Kashima-kun dan Hori-chan-senpai yang diluar pemahaman saya namun menjadi lucu. Lucu dalam term Jepang yang biasa disebut kawaii.

Komiknya sendiri sudah terbit di Indonesia dengan terjemahan yang juga sama luar biasanya. Terkadang saya suka membaca komik-komik terjemahan karena penasaran dengan terjemahan Indonesia. Pernah saya temukan di komik Doraemon, Bapak Nobita masuk rumah dengan mengucapkan assalamualaikum, namun ternyata ceritanya sedang merayakan natal. Bukannya mau SARA, namun terkadang terjemahan Indonesia suka lucu. Di komik aslinya si Bapak Nobi bilang: tadaima yang arti harfiahnya: saya datang, namun di komik diterjemahkan jadi menyebutkan salam dengan kesan bahwa salam tersebut adalah suatu yang umum di Indonesia. Sama saja dengan Nozaki-kun, terjemahan lucu seperti ini saya temukan di adegan ketika Wakamatsu kencan di bioskop dengan Seo-senpai. Adegan saya sertakan di bawah ini.

IMG_3532

Sekrup.

DAMN.

SEKRUPNYA COPLOK.

Terjemahan yang luar biasa. Bahkan saya sendiri tidak tahu harus menebak apa untuk versi jepangnya.

Komik Nozaki-kun baru terbit 3 edisi dan dapat ditemukan di jaringan toko buku G. Untuk animenya sendiri hanya ada 12 episode dan 6 episode spesial dengan durasi yang lebih pendek. Jika anime-anime sekelas One Piece, Bleach, Naruto terlalu panjang, mungkin bisa coba nonton ini. Oh iya, lagu openingnya adalah yang beberapa waktu lalu sempat saya post, yang judulnya Ima Ja Nakya Dame Mitai. Baru sadar juga ya, kalau diperhatikan, Nozaki-kun ini ceritanya agak membuat lelaki jadi inferior. Tapi, ah, coba nonton saja lah, pokoknya super recommended.

One thought on “Anime & Manga: Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Leave a Reply

