Bloody Week Movie Saga

Mendadak saya kangen menulis blog ini, namun ada rasa malas. Ah, memang saya saja yang galau macam anak ABG. Jadi ceritanya minggu lalu saya sedang dalam mood untuk membunuh. Terdengar seram, tapi itu biasanya terjadi sebulan sekali dimana keadaan hormon tubuh yang sedang kacau balau. Akhirnya untuk sedikit meredakan dan menyelamatkan kucing tetangga dari pembunuhan sadis, maka saya memilih untuk menonton film yang yang penuh dengan darah. Setelah bersemedi dan browsing, akhirnya saya menjatuhkan pilihan pertama pada Ichi The Killer, lalu berlanjut dengan mengunduh film yang masuk dalam daftar 50 Most Disturbing movies, termasuk di antaranya Audition, Visitor Q, dan Kill Bill, specifically Volume 1.

Jika berbicara tentang Kill Bill tentunya yang diingat adalah Quentin Tarantino dan bagaimana film itu akan sulit lolos dari gunting sensor. Kill Bill, terutama volume 1, dipenuhi dengan adegan memotong tubuh orang lengkap dengan semburan darah di mana-mana. Adegan yang perlu diperhatikan adalah ketika The Bride memburu O-ren Ishii. Di adegan ini pertarungan The Bride dengan pengawal O-ren Ishii menghasilkan adegan yang penuh dengan semburan darah dan potongan tubuh orang.

Namun, jika ingin melihat adegan yang super membuat muntah, marilah kita tengok karya Takashi Miike yang berjudul Ichi The Killer. Disebut-sebut sebagai salah satu film yang kontroversial dan dilarang peredarannya karena adegan yang disajikan sangatlah sadis. Kalau mutilasi tubuh orang dengan semburan darah seperti air mancur masih dapat membuat tubuh bergeming, coba dilihat adegan memotong lidah sendiri yang di zoom sampai area mulut saja. Hanya di adegan ini saya sampai menutup mata karena ngilu membayangkan lidah dipotong. Film ini juga saya selesaikan dalam waktu yang lebih lama dari durasi asli filmnya karena beberapa kali terpaksa harus di-pause.

Salahkan Ichi The Killer, karena sejak menonton film tersebut saya hampir menyembah pada film-film Takashi Miike. Setelah browsing kanan-kiri, akhirnya pilihan jatuh pada Visitor Q yang konon kabarnya aneh di luar nalar. Film jepang memang banyak yang alur ceritanya diluar nalar, namun menurut saya Visitor Q sungguh luar biasa. Visitor Q bercerita tentang keluarga disfungsional yang jikalau saya ceritakan di sini menjadi sangat tidak etis. Filmnya sendiri masuk dalam kategori disturbing bukan karena darah yang berceceran dimana-mana, namun dari sisi cerita keluarga disfungsional ini yang menerobos semua tabu di dalam kehidupan bermasyarakat.

Minggu berdarah kemarin ditutup dengan Kingsman The Secret Service yang diluar dugaan saya cukup berdarah. Awalnya saya mengira Kingsman hanyalah film mata-mata semodel James Bond bercampur 21 Jumpt Street dengan rasa Inggris, namun ternyata Kingsman lebih dari itu. Kudengar banyak adegan yang cukup bercucuran darah sehingga harus merasakan tajamnya gunting sensor, namun wajar jika itu syarat jika ingin ditayangkan di jaringan bioskop Indonesia.

Ada satu film lainnya yang belum saya tonton, judulnya Audition. Konon filmnya mendapat review bagus dimana-mana dan dijuluki film Takashi Miike yang sangat patut ditonton. Sejujurnya saya penasaran dengan film ini, mungkin akan segera ditonton setelah saya menyelesaikan Suicide Club.

Di tahun ini saya menunggu Over Your Dead Body dan Yakuza Apocalypse (dua-duanya karya Takashi Miike) yang kemungkinan besar harus saya tunggu dengan sangat bersabar. Untuk Over Your Dead Body, filmnya sudah diputar di Jepang sana, berarti saya harus menunggu salinannya beredar di dunia maya. Khusus untuk Yakuza Apocalypse saya berharap sekali film ini dapat ditayangkan di jaringan bioskop Indonesia karena menampilkan Kang Yayan Ruhian sebagai bintang utama. Berikut adalah trailer untuk Over Your Dead Body, untuk Yakuza Apocalypse, trailernya belum ada dimana-mana, nanti akan saya share jika sudah ada.

Leave a Reply

