Film Animasi Terbaru Disney Memperkenalkan Robot Petarung Membal dan Unyu

8vTanjubTYDengan tingkat obsesi yang agak sedikit berlebihan dengan Disney, mungkin saya dapat dibilang sebagai geek. Masih ingat ketika saya marah-marah dengan Maleficent?  Nah berbeda dengan sebelumnya, di film animasi Disney terbaru berjudul Big Hero 6 ini, saya bahagia luar biasa. Buat saya, film ini adalah mashup dari Avengers-Guardians of the Galaxy-The Incredibles yang menghadirkan inflatable-fluffy-super huggable-marshmallow robot terasa sempurna di semua komponen.

Big Hero 6 menceritakan seorang jenius bernama Hiro Hamada yang kehilangan kakaknya,   Tadashi, karena kecelakaan. Hiro tidak sengaja mengaktifkan Baymax, robot perawat buatan kakaknya, ketika dia masih berduka atas meninggalnya Tadashi. Dengan kelakuan Baymax, Hiro tidak sengaja juga mengetahui siapa yang menyebabkan kecelakaan tersebut. Akhirnya Hiro bertekad untuk menangkap pelaku tersebut dengan sedikit modifikasi pada program Baymax dan dibantu oleh sahabat-sahabat Tadashi. Pertama kali saya melihar teaser trailer Big Hero 6 di blitz membuat saya mengira kalau Baymax adalah sebuah robot ironman versi gendut, nyatanya, Baymax adalah robot personal healthcare yang bertugas untuk membantu orang-orang. Baymax dibuat dengan muka yang lucu agar tidak terasa menakutkan dengan kulit terbuat dari vinyl dan kerangka dari carbon fiber yang ringan.big_hero_6_baymax_hiro_h_2014

Sebenarnya alur cerita Big Hero 6 mudah saja untuk ditebak oleh orang dewasa, contohnya pada saat Hiro mengetahui siapa sebenarnya pelaku kecelakaan yang menyebabkan kematian kakaknya, lalu di akhir cerita ketika ada salah satu tokoh yang berkorban. Ya mudah lah untuk ditebak dengan jalan cerita ala Disney. Namun hal tersebut tidak membuat saya untuk tidak menyukai film tersebut karena Disney selalu bercerita dengan gaya seperti itu. Intermezzo sedikit, Big Hero 6 adalah komik keluaran Marvel. Tidak, saya tidak bohong, saya juga tidak pernah mendengar komik ini sebelumnya.

Selain The Avengers, beberapa komponen dari film ini mengingatkan saya pada The Incredibles. Apalagi ketika salah satu kawan Tadashi yang bernama GoGo berlari dengan no-friction-air-tight-suspension wheel yang dia ciptakan, seperti melihat Frozone berlari ketika dikejar Drone liar buatan Buddy. Atau ketika Honey Lemon diserang oleh microbots, dia berlindung di kubah shield yang dia buat sendiri dari campuran kimia, yang terlihat seperti Shield-nya Violet. Atau ketika shield itu sendiri diserang, terlihat seperti Drone yang sedang menghancurkan dirinya sendiri. Adegan berantem sepertinya banyak yang diambil dari The Incredibles. Mengenai Guardians of The Galaxy, sekumpulan anak muda entah dari mana berkumpul dengan perangkat super yang diciptakan sendiri, untuk membantu mengembalikan kedamaian kota, sangat terlihat seperti sekumpulan topeng monyet ala Guardians of The Galaxy.

tumblr_n90bytlbId1t0vum3o5_r1_250

Go home, Baymax. You’re drunk.

Sisi lucu dari film ini dibawakan langsung oleh Baymax sendiri yang tampil layaknya marshmallow yang siap untuk dipeluk. Dengan super detail, rumah animasi Disney juga memberikan suara ketika Baymax sedang berjalan, dengan kulit vinyl-nya yang saling bergesek sehingga bersuara seperti gesekan antara dua balon. Saya yakin sekali itu suara diambil dari dua balon yang saling bergesekan. Baymax berhasil mengubah bayangan tentang robot yang selama ini diwakilkan oleh Transformer, C3PO, R2D2 atau seluruh edisi Mark buatan Tony Stark yang penuh dengan besi dan terasa keras. Baymax terasa membal, walaupun begitu Baymax dapat tampil sangar dengan kostum Ironman buatan Hiro yang di print secara 3D. Baymax sangat mengingatkan saya pada Jarvis, lengkap dengan mode suara yang terkesan dapat selalu dimintain pendapat. Saya paling suka ketika Baymax kehabisan baterai, saya kira dia akan menjadi lambat atau hibernasi, tetapi lebih bagus lagi dari itu, Baymax dibuat layaknya orang mabuk. Ide yang sangat brilian, bagi saya tidak ada yang lebih menyenangkan dari robot marshmallow mabuk yang memeluk kucing gendut bernama Mochi.

Kabarnya film ini dibuat dengan teknologi pencahayaan terbaru yang dirender dengan 55,000 core komputer dengan 4 render farm yang tersebar di 4 lokasi yang terpisah secara geografis. Detail kota San Fransokyo yang merupakan mashup dari San Fransisco dan Tokyo dibuat sangat detail lengkap dengan Golden Gate (dengan tiang ala tradisional jepang), Tokyo Tower, Dingding Tram ikonik San Fransisco, jalan berbukit-bukit, jalur kereta listrik yang menembus gedung, dan pijaran lampu neon di sekitaran Ginza dan Shibuya. Begitu detail sehingga kabarnya dapat dengan mudahnya di zoom sampai dengan kucing yang sedang melintasi jalan raya. Walaupun tidak sampai secanggih Interstellar yang efeknya dapat membuat dua paper baru, tapi teknologi ini ternyata merupakan upgrade dari teknologi sebelumnya yang membuat rambut Rapunzel tampak indah. Jadi ingat dulu ketika saya kuliah suka membuat clay animation dan terpaksa harus menggandakan foto yang ada agar paling tidak video saya dapat menjadi 8fps, betapa kebayang usahanya kalau video tersebut mau dibuat dengan 25fps.big-hero-6

Big Hero 6 sangat menghibur dan anak-anak dapat mudah mencerna komedinya. Walaupun saya menonton film ini di atas jam 9, film ini sama sekali tidak membuat ngantuk. Jika suka dengan 3D mungkin dapat dicoba walaupun menurut saya 2D juga sudah cukup karena gambarnya tidak se-eye-popping Despicable Me. Saya sendiri lebih suka nonton 2D karena dengan kondisi mata sekarang sulit sekali kalau nonton dengan kacamata lain. Nilai sempurna 10 untuk film ini karena konsep
robot yang berbeda dan action packed yang dikemas dengan baik. Kalau Interstellar terasa terlalu berat, mungkin Big Hero 6 cocok sebagai hiburan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s