Weekend Cooking: Smoky Chicken Enchiladas

photo 4

Ayah saya suka sekali makanan Meksiko, mungkin karena dulu sering bolak-balik Texas dan kemarin baru saja pergi lagi kesana. Karena itu, enchiladas ini saya buat pertama kalinya dengan nyontek resep dari SortedFood yang ternyata sangat super gampang untuk ditiru. Resepnya sedikit saya modifikasi karena sayangnya saya tidak sempat menemukan daun ketumbar. Lain kali saya bikin, sudah harus dengan daun ketumbar, karena menurut saya makanan Meksiko akan kurang jika tidak ada daun ketumbar. By the way, bahan-bahannya saya tulis tanpa takaran ya, karena kalau bukan bikin kue atau apa pun itu yang membutuhkan takaran layaknya pelajaran kimia, saya hanya mengandalkan kemampuan lidah saja.

Bahan-bahan:

  • Tortilla wraps
  • Paprika / bell peppers
  • Cabe merah besar / chilli pepper
  • Kacang merah kalengan (brine in salty soup), drained.
  • Jagung kalengan, drained.
  • Daging ayam tanpa tulang. Saya menggunakan chicken breast fillet. Kalau lebih suka dengan chicken thighs yang mungkin lebih empuk, silahkan diganti. 
  • Bawang putih
  • Bawang bombai. Saya ganti dengan daun bawang karena waktu itu saya baru ingat kalau stok bawang bombai di rumah sudah habis.
  • Daun ketumbar
  • Paprika bubuk
  • Bumbu cajun bubuk
  • Tomat kalengan
  • Pasta tomat
  • Garam dan lada
  • Keju cheddar

1. Preheat oven pada 175 derajat celcius.

2. Potong ayam menjadi bite size, masukkan ke dalam plastik. Mix dengan bumbu cajun, paprika bubuk, garam dan lada. Set aside.

photo

3. Cincang bawang putih, bawang bombai, daun bawang, cabe merah dan sedikit paprika. Sautee hingga harum lalu masukkan tomat kalengan dan pasta tomat. Shimmering secara perlahan-lahan. Tambahkan garam dan lada secukupnya.

photo 1 photo 2

4. Dengan frying pan, sautee ayam yang sudah dibumbui. Tambahkan paprika yang sudah dipotong-potong (julienne cut) ke dalam frying pan. Masak hingga matang. 

photo 3 photo 4

5. Di dalam mangkok besar, mix ayam yang telah matang, jagung kalengan dan kacang merah yang telah ditiriskan, daun ketumbar, dan keju cheddar.

photo 5 photo 1

6. Panaskan tortilla wraps di dalam oven atau di frying pan. Bungkus campuran ayam dengan tortilla wrap lalu assemble di dalam casserole dish / loyang pyrex.

7. Taburkan keju pada enchiladas. Tuang saus tomat yang telah mengental. Bisa diberi parutan keju lagi di atas saus tomat.

photo 2 photo 3  

8. Panggang dalam oven selama 20-30 menit atau sampai kejunya bubbly.

Leave a Reply

