Film Transformers yang Baru itu Lebih Berisik dari yang Lalu

Judulnya panjang ya.

Saya sebenarnya tidak terlalu suka Transformers karena menurut saya filmnya hanya mengandalkan ledakan-ledakan yang sangat berlebihan. Hal seperti itulah yang saya temui dengan filmnya yang baru ini yang berjudul Age of Extinction. Apanya yang musnah, saya sendiri juga kurang mengerti. Yang pasti di film ini melibatkan robot baru yang bisa berubah jadi dinosaurus, layaknya robotnya Power Rangers.

 Trailernya saja sudah menjelaskan filmnya.
download

Sebetulnya saya bingung menceritakan jalan cerita film ini karena memang tidak ada ceritanya. Pemeran utama sudah berganti dari Shia Lebouf ke Mark Wahlberg, sutradara tetap Michael Bay. Model cerita tetap dengan yang seperti lalu-lalu dengan tingkat kemubaziran pada C4 sepertinya meningkat dibandingkan dengan film yang terakhir. Intinya sekali lagi manusia berurusan dengan alien besi berbentuk robot dan terjadi peperangan melawan robot-robot tersebut entah jenisnya Autobots atau Decepticon.

Mobil yang digunakan kali ini termasuk Bugatti Grand Sport Vitesse dan Pagani Huayra, dengan masih menggunakan Chevrolet sebagai mobil yang utama. Sayang sekali Ironhide, Autobots kesukaan saya, terbunuh di film yang lalu, jadinya saya tidak bisa melihat GMC hitam itu beraksi. Bagi saya Ironhide tetap yang paling keren. Salah satu scene yang paling saya suka adalah ketika Pagani Huayra mengejar Bugatti Grand Vitesse. Suara mesinnya bagaikan simfoni dan sebuah mahakarya di telinga saya. Lelucon terbesar terjadi ketika pencipta Galvatron yang merupakan “reinkarnasi” dari Megatron pergi mengunjungi pabriknya di China dan terdapat adegan barisan assembly robot Pagani Huayra dengan mobilnya terpampang di dekat barisan tersebut.unnamed

….OH TIDAK.

SUNGGUH MEMALUKAN.

CHE VERGOGNA.

Saya tidak pernah tahu kalau Pagani Huayra dibuat di China. Lalu apa gunanya memberi harga mentereng yang hampir mencapai 900ribu poundsterling? Ah, Richard Hammond kalau melihat ini bisa menangis tersedu-sedu.

Bumblebee yang lucu tetap dengan Camaro kuning yang memikat hati itu. Lalu ada Corvette Stingray dan Lamborghini Aventador sebagai pemeran robot yang lainnya yang saya tidak tahu siapa. Oh iya, si Bugatti itu juga bisa berubah menjadi helikopter.

Seperti ulasan tentang transformers untuk film-film yang lalu, film yang ini juga berisik. Sangat berisik. Banyak ledakan tidak penting dan sejujurnya saya tidak mengerti si robot yang mukanya bisa berubah menjadi senjata itu gunanya untuk apa. Sepertinya sang sutradara masih berprinsip: Semakin banyak ledakan, semakin seru, semakin banyak profitnya. Kalau mengenai CGI ya sudah janganlah kau tanyakan lagi, sepertinya produsernya buang duit paling banyak di CGI, …dan mobil. Bukan, bukan mobil yang jadi pemerannya, tapi mobil figuran yang nasibnya hanya untuk diledakkan atau ditabrak hingga hancur berkeping-keping. Setiap adegan rasanya kurang afdhol kalau tidak ada sebuah mobil yang ditabrak dan meledak seketika seperti sudah ditanam berkilo-kilo C4 di dalamnya.

TF4ChicagoBlueCrossBuilding28-640x426Bagusnya, setting berubah dari Chicago ke Hongkong. Senang saya melihat jalan-jalan di Hongkong yang sempit dan padat itu dijadikan tempat kejar-kejaran, dan ketika gedung bermotif zigzag di daerah Admiralty itu ikut terkena dampak dari perkelahian antar robot yang tidak pada tempatnya itu, walaupun sepertinya sang sutradara lupa untuk menampilkan efek hancur pada skyline Hongkong di saat terakhir. Bicara soal robot yang berantem, saya masih bertanya-tanya tentang robot super besar yang bisa berubah jadi dinosaurus itu, itu siapa ya? Apa hubungannya dengan si Optimus Prime? Kenapa ikut di penjara juga? Ah, entahlah. Mungkin kalau ada yang tahu bisa tolong bantu untuk mencerahkan saya.

Seperti biasa, nilainya jelek lah buat film ini. Tidak lebih bagus dari yang sebelumnya, cukup 3.5/10 saja. Dengar-dengar sih, di Rottentomatoes ratingnya sudah drop ke 13%. Kalau suka dengan Transformers, tidak ada salahnya untuk ditonton. Lumayan nambah-nambah perbendaharaan dan memuaskan hasrat. Kalau saya tidak akan nonton dua kali.

Seperti biasa, nanti akan saya tambahkan dengan trailer dan gambarnya.

———————————————–

Update 12:06pm – Tambah gambar dan trailer.

Leave a Reply

