Samurai Legendaris Miyamoto Musashi

Beberapa hari yang lalu saya menemukan film yang cukup menarik di website tempat saya biasa ngubek-ngubek dorama jepang. Film itu berjudul Miyamoto Musashi, terdiri dari 2 part, masing-masing berdurasi sekitar 2 jam, dan tentu saja menceritakan tentang kehidupan Miyamoto Musashi yang legendaris itu. Pemerannya adalah Kimura Takuya sebagai Miyamoto Musashi dan Sawamura Ikki sebagai Sasaki Kojiro.

Jalan cerita di film ini diadaptasi dari buku Musashi karya Eiji Yoshikawa. Buku berwarna kuning yang gue baca dalam waktu 2 minggu saking tebelnya, dulu bacanya waktu SMP. Sekarang ketika dibuat filmnya, saya bahagia setengah mati dengan harapan adegan berantem legendaris itu dapat tergambarkan dengan baik dan benar. Konon kabarnya juga film ini cukup menghadirkan karakter yang mirip di komik Vagabond. Jadi bagi yang belum pernah membaca, sinopsis berikut mungkin dapat membantu.

Miyamoto Musashi (宮本武蔵) adalah seorang rounin dari desa Miyamoto. Asalnya dipanggil Takezo, yang ditulis dengan huruf kanji yang sama dengan huruf kanji Musashi, dia dikisahkan ikut berperang di Perang Sekigahara yang terkenal itu, bertempur dalam tentara Barat yang waktu itu membela Toyotomi Hideyoshi. Ketika Sekigahara dimenangkan oleh Tokugawa, Takezo dan temannya, Matahachi, berhasil melarikan diri. Dan dikisahkan di perang itu pula pertama kalinya Musashi bertemu dengan musuh bebuyutannya, Sasaki Kojiro. Ketika perang berakhir, Takezo kembali ke desa Miyamoto sedangkan Matahachi malah tinggal dengan seorang pelacur beranak satu bernama Okou dimana seharusnya dia pulang ke ibunda dan calon istrinya, Otsu. Ibunda Matahachi marah melihat yang pulang hanya Takezo si pengangguran dan sampah masyarakat dan lebih marah lagi ketika Takezo seenaknya menyandera Otsu demi menyampaikan pesan bahwa sebenarnya Matahachi masih hidup. Takezo ditangkap dan digantung di pohon supaya jera dan mau mengakui kesalahannya. Otsu yang sudah patah hati dengan berita Matahachi yang selingkuh, meminta Takezo untuk membawanya kabur dengan balasan akan membebaskan Takezo. Tergiur dengan tawaran tersebut, Takezo berjanji membawa Otsu kemanapun dia pergi dan Otsu akhirnya kabur dengan Takezo.

Di tengah pelarian tersebut yang juga dikejar-kejar dengan orang sekampung, ternyata Otsu sakit karena sebelumnya harus terjun ke sungai. Karena tidak tega, akhirnya Takezo pergi menyerahkan diri untuk ditukar supaya Otsu bisa diselamatkan. Takezo masuk penjara selama 4 tahun dan di dalam penjara dia melatih fisik dan banyak belajar, salah satunya melukis (konon kabarnya memang salah satu kepandaian Musashi adalah melukis).

Ketika 4 tahun telah berlalu, Takezo keluar dari penjara. Menurut kepercayaan pada saat itu, orang yang telah bertobat seperti orang yang baru dilahirkan. Maka diberilah nama Musashi Miyamoto, supaya Musashi tetap mengenang desa asalnya, dan nama Musashi terdengar lebih cocok jika didampingkan dengan nama Miyamoto. Maka terlahirnya samurai jepang terlegendaris bernama Miyamoto Musashi. Awalnya Musashi tidak langsung mencari Sasaki Kojiro. Musashi yang berniat untuk menitu karir di samurai dengan harapan dapat masuk ke dalam pemerintahan saat itu mulai mencari cara bagaimana dia dapat dipandang. Maka pergilah dia ke dojo Yoshioka, orang yang pada saat itu dianggap sebagai salah satu samurai terkuat. Musashi pergi menantang Yoshioka Seijuuro (吉岡清十郎), anak tertua dari klan Yoshioka untuk bertanding. Yoshioka Seijuuro diperankan dengan sangaaaaaaatttt pas oleh Matsuda Shota. Itu loh, yang jadi Sojirou di Hana Yori Dango.

Lumayan banyak juga saya sudah nulis. Akan dilanjutkan di part 2 kalau begitu.

2 thoughts on “Samurai Legendaris Miyamoto Musashi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s