[Opini-Part 1]Kiamat vs Vampire. Which one?

Entah alasan apa lagi yang mau saya sampaikan mengenai vakumnya saya dalam menulis di blog ini. Mungkin karena saya sangat sibuk dengan pekerjaan dan ketika mau nulis pasti ada saja acara yang muncul. Oke, anyway, mumpung libur dan long weekend, pertama-tama saya mau mengucapkan Selamat hari Raya Idul Adha bagi semua pembaca yang merayakannya. Lalu saya ingin curhat tentang unek-unek saya melihat 2 film yang baru-baru ini menjadi fenomena di Indonesia Raya tercinta: 2012 dan New Moon.

Where should we begin? Mmm.. Oke, mari kita mulai dari fenomena yg pertama: 2012. Saya rasa tidak perlu lah saya menjelaskan ulang film seperti apa 2012 itu. Intinya film ini mengambil cerita dari cerita ramalan suku Maya pada zaman dahulu kala yang menceritakan bahwa kiamat atau akhir dari peradaban manusia akan terjadi pada tahun 2012, saya lupa tanggal pastinya kapan. Anyway, rasanya tidak ada masalah dengan itu, filmnya sendiri dibuat oleh Emmerich yang jagoan bikin film bencana alam dan penghancuran umat manusia.

Yang jadi masalah adalah ketika ada segelintir orang yang dengan seenak jidatnya mau menarik peredaran film ini dari pasaran bioskop Indonesia hanya karena ceritanya tentang kiamat. Sebenernya saya sendiri sih ragu kalau mereka sudah menonton filmnya, karena saya yakin niat untuk menarik film tersebut dari pasaran akan hilang seketika setelah menonton film tersebut.

Saya sendiri sih termasuk yang pro dan yang kontra juga terhadap masalah ini. Labil? Saya kontra karena tidak setuju dengan sikap orang-orang itu yang hanya menganggap kalau negara ini didiami oleh satu agama saja. Yah, mulai SARA deh. Tapi mau bagaimana lagi, lagipula film kan hanya sarana untuk menyalurkan kreatifitas seseorang. Tidak bisa seenaknya berbuat hal seperti itu. Mau percaya atau tidak, itu urusan si penonton. Ah susah deh hidup di negara yang pikiran orang-orangnya masih dangkal.

Oke, itu tadi kontranya. Mengapa saya pro dalam penarikan film ini? Bukan karena saya pengikut orang-orang yang tadi saya sebutkan di atas. Bukan karena masalah percaya atau tidaknya dengan kiamat. Tapi lebih karena filmnya yang, well let’s just say kurang menarik. Kronologisnya begini…

10 menit pemutaran film.
Kok scenenya kepotong-potong gini sih?

15 menit pemutaran film.
Ini film intinya apa sih?

30 menit pemutaran film.
OMG, filmnya 2 SETENGAH JAM!! Bisa gila gue.

1 jam pemutaran film.
(Ke pacar) Jangan sekali-kali ajak aku nonton film kyk gini lg.

Selesai nonton film.
Kok gue berasa makin bego yah?

Pada akhirnya saya mendukung penarikan film tersebut karena film tersebut bukan hanya melebih-lebihkan segala hal, tetapi juga menurunkan tingkat kecerdasan. Saya bahkan merasa kalau IQ saya turun 100 poin ketika selesai nonton film tersebut.

Saya jadi ingat teriakan tukang penjual DVD bajakan di stasiun sudirman yang membawa sekitar 30 keping DVD 2012 dan berjualan memutari peron 1 sampe peron 2 dari ujung ke ujung.

“Duarebuduabelas. Duarebuduabelasnya limarebu lagi. Bok opis barat nomer 1 yang ngalahin bok opis endonesa. Yang di cekal em u i, yang mao ditarik peredarannya. Asli, kalo ga berkenan bisa tuker. Nonton sendiri dirumah. Lima rebunya duarebuduabelas.”

Dan saya ngakak tiap kali tukang DVD itu lewat di depan saya.

Cerita tentang New Moon di posting selanjutnya yah. Rasanya kebanyakan kalau ikutan dipost di sini.

One thought on “[Opini-Part 1]Kiamat vs Vampire. Which one?

  1. Setuju, saudari. Filmnya jadi kayak film action dan sangat repetitif. Udah kayak James Bond aja nonton film kayak begini. Too absurd and the only scientific explanation I can get is that in 2012, there is a chance that neutrino of sun will lash out to Earth which will cause Earth crust to heat up. Dengan kata lain, berarti mau gak mau kita gak bisa apa2 dong buat mencegah ini?

Leave a Reply

