[Review] G-Force

Film yang ternyata keluaran Disney ini di produseri oleh Jerry Bruckheimer. Wait, did I just say Jerry Bruckheimer? Saya sempat bengong sebentar ketika membaca credit title di akhir film yang menunjukkan bahwa produser dari film ini adalah Jerry Bruckheimer dan saat itu juga saya diliputi rasa kecewa yang mendalam. Oke, bagi yang belum tahu siapa itu Jerry Bruckheimer, lebih baik google namanya dan lihat film-film apa saja yang diproduseri oleh beliau lalu coba bandingkan.

Film ini seharusnya masuk kategori Summer Movie. Namun karena tayangnya telat di Indonesia, maka kita anggap saja film ini masuk kategori Lebaran Movie. Toh, ketika mau lebaran juga suka banyak film baru keluar kan. Anyway, ternyata film yang keluar di musim panas memang setipe semuanya: mahal, mengandalkan grafis komputer yang keren (kecuali GI Joe) dan jalan ceritanya datar.

G-Force menceritakan tentang sekumpulan guinea pig atau marmut (menurut subtitle di film) yang dilatih secara khusus sehingga menjadi agen yang mampu menyelesaikan suatu misi dalam semalam padahal FBI sendiri tidak mampu untuk menyelesaikannya dalam 2 tahun. Oke, guinea pig atau kita sebut saja marmut mulai sekarang, memang bukan hamster. Kita sering salah mengira bahwa mereka adalah hamster namun kenyataannya mereka bukan hamster dan ukuran tubuh mereka jauh lebih besar daripada hamster. Marmut-marmut ini dapat berbicara dan berteman baik dengan lalat yang juga termasuk dalam tim mereka. Mereka adalah Darwin, Blaster, Juarez (satu-satunya betina dalam kelompok tersebut), dan Mooch si lalat. Oh iya dan ada satu ekor tikus tanah dengan sesuatu yang tampak seperti tentakel pink cerah di hidungnya, jago IT, bernama Speckles yang disuarakan oleh Nicolas Cage. Oh ketinggalan, ada satu marmut lagi yang mendambakan keluarga bernama Hurley atau… eerrr… Farty? Oh nevermind.

Kedengarannya tidak ada yang salah dengan filmnya. Film ini punya disney, keluar pada musim panas, dan pemerannya adalah marmut yang dapat berbicara. Harusnya dapat menjadi film keluarga yang baik dan dapat ditonton semuanya kan. Namun tidak kalau produsernya adalah Jerry Bruckheimer, sodara-sodara. Banyak adegan kekerasan dan tembak-tembakan yang berisik di film ini yang tidak pantas ditonton oleh keponakan saya yang masih playgrup.

Karena pemeran utama film ini adalah hewan, maka wajar apabila saya bilang kalau manusia tampil begitu bodoh di film ini. Bahkan agen khusus FBI dengan segala bantuannya kalah oleh 3 marmut yang mengendarai bola plastik kecil berwarna-warni. Tidak ada peran manusia yang signifikan dalam film ini kecuali saya cukup tertarik pada seorang lelaki penjaga toko hewan.

Ada scene di film ini yang mengingatkan saya pada transformers dan langusng berfikir kalau ini adalah buatan Hasbro juga ketika sebuah pembuat capuccino berubah menjadi hidup dan mengejar Darwin dan Hurley. Dan saya menjadi tambah yakin kalau film ini buatan Hasbro ketika seluruh alat-alat rumah tangga; kompor, mesin cuci, microwave, blender, bahkan telepon berubah menjadi hidup dan bersatu membentuk robot dengan muka 9 layar televisi flat. Oh, bukan! Ini film Disney. Seketika saya merasa Disney yang saya agung-agungkan menjadi begitu cupu.

Pada akhirnya saya pasrah menerima kalau film ini memang tipe Summer Movie. Bagi saya ini film Disney paling buruk yang pernah saya tonton walaupun tetap ada moral cerita yang dapat diambil. Hanya 5/10 karena saya kecewa pada Disney dan paling tidak film ini masi memberikan grafis komputer yang lebih baik daripada GI Joe. Namun, saya tidak pernah mengerti dengan ide seekor marmut betina basah yang mengeringkan badannya bisa tampak seksi. Well, hanya penulis skenario yang tahu akan hal itu.

4 thoughts on “[Review] G-Force

  1. Tadinya saya bergarap pas nonton nih film, bisa ngakak sampe perut sakit. Ternyata engga’ tuh…. Kaya’nya skenarionya juga perlu diperbaiki, terlalu maksain!

Leave a Reply

