Warna Musik Indonesia

Sebenernya gue bingung gimana caranya membuat suatu narasi indah, tapi saya coba menuliskan apa yang gw pikirin aja yah.

Pertama, gw dapet ide ketika menonton acara di RCTI yang judulnya wujudkan mimpi Indonesia. Jujur, gue sih ga ngeliat korelasi antara acara hura-hura semacam ini dengan mimpi Indonesia, tapi boleh lah untuk hiburan masyarakat Indonesia. Mungkin kita semua udah butek dengan pemilu, capres dan cawapres yang tingkah lakunya mirip anak teka, atau pun bencana yang jadi langganan karena kelalaian pihak yang bertanggung jawab. Jadi sekali-dua kali ada acara seperti ini juga sebagai angin segar.

Kedua, penyanyi pertama yang gw liat secara lengkap sesi nyanyinya adalah derby romero. Oke, sampe sini gw akan mulai dengan sopan kalau tidak terlalu keras mencela abege ini. Emang ga salah sih orang punya gaya nyanyinya sendiri, tapi kenapa mesti ada yang joget2 itu yak. Jadi kesannya kyk boiben. Udah gitu, refrain lagunya itu yg gelora asmara, ternyata cukup mengingatkan saya pada Metropolisnya L’Arc-en-Ciel. Kalau saya tidak mau bilang mirip yah.

Aaahh.. plagiarisme lagu di Indonesia emg bukan hal yang bikin kaget sih. Sebelumnya d’nasip juga di cap plagiat kan. Trus nidji cukup mengingatkan saya pada keane dan coldplay. Bukan maksud saya untuk bilang kalo nidji itu plagiat, aliran britpop emang banyak yang anut kok. Tapi kalo untuk d’nasip beda ceritanya, gw dengerin MCR kok, nah lagu2nya d’nasip banyak yang mirip dg MCR, bahkan sampe ketukannya. Well, talk about having inspiration as they came up to defend the pride, tapi mas, inspirasi tu cuma warna musiknya yang mirip ga sampe melodi dan ketukan. Do we understand each other here?

Oh ada lagi yang gw nemu mirip2 lagunya, itu tuh yang judul lagunya SKSD, sapa sih yang nyanyi. Doh gw ampe harus buka youtube dulu, sapa siihh? Sepentin yak? Bukan? Aahh, five minutes. Nah itu, lagi2 refrainnya saya kenali sebagai salah satu lagunya L’Arc-en-Ciel yang judulnya Fate.

Ah, sudahlah tentang segala maca contek2an ini. Saya juga waktu smp-sma sering nyontek kok kalau ulangan. Anyway, kembali ke acara di tipi tadi, setelah si derby tampil, coba tebak sapa yang tampil.

KUBURAN BAND.

Bagi yang belum tau sapa itu kuburan band, mungkin kalau yang ini tau. C-A minor-D minor-G-C-A minor-D minor- G-C-A minor-D minor-G-C. Familiar dengan kunci ini? Oke gw setuju kalau liriknya itu sampah. Lupa-lupa-ingat emang lirik yang gw bilang sama sekali ga ada intinya. Tapi menurut gw itu lah intinya kuburan Band. Mereka cukup berani tampil dengan melawan mainstream pop-melayu-mendayu-dayu dan hasilnya dalam kurun waktu kurang dari sebulan setiap warga Indonesia yang mendengarkan musik pasti mengenal band ini.

Apa yang membuat band ini begitu cepat terkenal? Nah, bahasan nomer tiga kalau begitu saya fokuskan kenapa band ini cepat sekali dikenal orang. Yang pertama dan paling utama adalah, musiknya catchy. Brilian emg gw bilang ni Band satu. Aransemennya gabung2in segala jenis musik sampe tradisional. Sering gw denger ada model2 lagu padang ato jawa di musiknya dia.

Dandanan? Ahahahahaha.. Judulnya sih kuburan band. Dandanan muka di cet item-putih. Orang bilang dandanannya mirip band lawas, KISS. Oke, fine, tapi lo bisa bayangin dengan dandanan serem begitu mereka malah bertingkah laku layaknya badut dan sering menari tarian tradisional Indonesia pada setiap penampilan mereka? Whoaa.. This is what I call creative.

Terakhir, orang Indonesia udah jenuh dengan pop-melayu-mendayu-dayu. Cukup lah dengan segala band pop dengan warna musik yang sama. Believe me, ampe sekarang gw ga bs bedain lagunya ST12, d’nasip, kangenben, wali, sepentin, dan segala macem band itu kalau gw ga ngeliat sapa yang nyanyi. Paling buruk dari semuanya adalah, lagu2 band tersebut dijadiakan soundtrack sinetron yang diputar setiap hari dan iklannya setiap menit sehingga hampir mencuci otak setiap orang yang mendengarnya. Thank God I’m still sane.

Saya sudahi dulu yah. Thesis saya masi harus dikerjain.

Maju terus permusikan Indonesia!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s