I finally have my cake and eat it

Akhirnya gw nulis lg di blog karatan ini sejak beberapa bulan gw cuekin krn terlalu sibuk menjelajah eropa. Hari ini cerita keadaan kuliah gw aja yah.

Also, kuliah uda dimulai dan seperti semua smt 7 di SGU yg otaknya pada beku krn dikasi liburan 7 bulan di eropa, kesibukan nyari topik buat thesis dan segala macem warning mengenai OFSE dimulai. Bagi gw, nyari topik thesis itu adalah hal yg seru karena akhirnya gw menyadari apa yang menarik minat gw di IT, selain orang berkacamata dg rambut acak2an yg menatap komputer dg serius.

Kita flashback dulu sebentar.
Udah pernah gw bilang klo gw kadang2 bingung knp bisa terdampar di IT SGU. Satu2nya jawaban yang bs gw dapet adalah ketemunya gw dg rana. Yeah rite!! Itu kan bukan merupakan suatu alesan.

Kesempatan jalan2 di eropa selama 7 bulan?
Hahahaha… Boleh laah… Pergi ke Jerman, niatnya buat internship, tapi apa daya, status saya ternyata sebagai exchange student. Jadilah akhirnya kerjaan gw jalan2 doang dan dibayar pula.

Tapi bukan itu. Jawaban sebenernya itu adalah DATA MINING.
Waktu pertama kali masuk kelas numerical analysis, sama skali ga kepikiran di otak gw kalo ternyata gw jodoh dg pelajaran itu. Dosennya Pak Alva, ga ada masalah. Kalo orang bule bilang, i have my cake and i eat my cake.

Why is that? It turns out that data mining itu berhubungan dg statistic.
Awalnya pas tau kalo data mining itu berhubungan dg analysis angka dan grafik2 gw cukup seneng. Bagi gw baca grafik ato histogram itu bukan hal yang susah. Nilai statistic gw pas smt 4 kmrn jg bisa dibilang cukup bagus kok, waktu final aja gw dapet 97. Jadi ya seharusnya teknik pengolahan data yang berhubungan ga jauh dr itu harusnya bukan masalah jg. Makin kesini, gw makin tau kalo data mining itu emang ditakdirkan buat gw (cieeeh…). Dan gw cukup kaget jg waktu ternyata waktu disuruh liat grafik dg hati yang jernih di sore hari, ga sampe 5 menit gw berhasil tau maksudnya si Pak Alva itu apah dan ngebikin anak2 di kelas bengong.

Cukup menyenangkan juga tau dimana bakat gw. Apalagi kali ini gw bisa sedikit berbangga diri. Rana boleh jago ngoding, tp klo urusan angka2an dan teman2nya, gw bisa sedikit menyombongkan diri lah, istilah noraknya. And the most important thing is, data mining mostly requires no codeworks. How good is that?

Waktu pulang, sambil nyetir, gw akhirnya mengerti dan mensyukuri nasib sial gw waktu ga keterima di UI. Gw tambah yakin kalo Tuhan emang punya rencana yang lebih baik buat gw. Gw ketemu orang yang selama ini cuma di dalem khayalan gw doang (cieeh.. cuit cuit..), gw dapet kesempatan jalan2 di eropa (hahahaha..), dan gw berjodoh dg suatu bidang di IT yang selama ini gw kira gw udah salah langkah.

Sekarang gw bakal abis2an belajar subject ini supaya bisa jadi sesuatu yang bisa gw banggain, sesuatu yang bakal berguna buat gw. Oh ya, Rana juga punya minat yang gede jg di data mining. I’ll show him kalo gw bukan sekedar cewe yang selalu ngerengek minta dibuatin kodingan, gw tau dimana kemampuan gw dan itu bakal jadi sesuatu yang kuat dr gw. Tapi, a freakingly great coder ditambah bakat baru gw dalam hal statistik.. hey, we’ll make a great team!!

Leave a Reply

