behind the monopoly

ada satu hal yg paling gw suka dr kesibukan yg naujubile penuhnya di kampus, yaituu waktu kosong yg digunakan utk nyampah dan maen capsa ga guna. lagian sapa jg yg ga suka freetime kyk bgitu, duh bodohnya saya.

eniwei baswei, perlu ga sih gw ceritain seberapa penuhnya tugas yg harus dikerjakan oleh kami2 ini, para mahasiswa smt 5 di sgu. mulai dr mana yaaah. gini aja de, setelah selesainya tugas membuat brokerage simulation dg 2 bahasa dari Tuhan berjudul jsp dan jsf, kemarin, manusia-sakti-nan-kurang-pengertian named edisonch memberikan suatu tugas besar, segede gunung semeru yg belom akan meledak, berjudul monopoly-slash-stratego.

sapa yg tau monopoly? gw yakin smuanya pernah maen monopoli ntah itu versi bagusnya (yg aslinya), ato versi indonesia dg monas sbagai kavling A yg paling murah dan irian jaya sbagai kavling H yg paling mahal (dikasi duitnya cuma 1500 perak), ato versi kampung internasional yg saya yakin udah mendarah daging di setiap anak2 di indonesia. versi yg td saya sebutkan itu, termasuk dan berisikan suatu papan karton yg gampang sobek dan keriting klo basah, kartu kesempatan berwarna merah marun dan kartu dana umum dg warna ijo butek lumutan, rumah plastik berwarna ijo dan hotel berwarna merah, dan yg ga pernah gw lupain adalah uang kertasnya yg setipis kentut dan pastinya akan terbang dg indah klo ketiup angin.

dan ada lagi, sodara2, maenan yg berjudul stratego. he? terus terang (lampu ga bs terang terus2an) gw baru denger yg namanya itu permaenan. sejenis catur klo yg belom pernah maen dan liat wujud nyatanya kyk gimana, tetapi kita ga bs liat formasi dr pasukan tempur lawan. yah istilahnya, klo lo maen rome to tower pke kartu dan board, mungkin sperti inilah hasil jadinya. ada suatu daerah yg harus di invasi dan kita harus ngerebut bendera lawan. ato klo mo yg lebih gampangnya lagi, pernah maen benteng? NAH, mungkin klo yg sering maen benteng, bisa ngebayangin maenan ini kyk benteng tetapi dg berbagai macam jabatan pasukan tempur.

maeninnya mah smua orang pastinya bisa kan yah. maksud saya, pasti lah smua anak2 di dunia ini pernah maenin paling ga satu dr 2 jenis maenan ajaib ituh. yg mao gw tau, apakah dr anak2 yg maen itu, terutama yg maen di komputer ntah online ato ga dan yg maen di konsol, pernah kepikiran gimana caranya MEMBUAT permainan tersebut, ato ya yg enaknya, ngebayangin gmn ribet dan susahnya si pembuat maenan tersebut.

hal ini lah yg sebenernya mo diceritain krn di otak gw sama skali ga kepikiran gimana maenan yg sangat terkenal itu dibuat.
karena….
seorang dosen gila yg ga suka digosipin memberikan tugas ajaib itu. singkatnya…
MEMBUAT MONOPOLY ATO STRATEGO.

hehehehehhe.
lucunya, gw maen monopoly aja masi kalah mulu. lha, ini suruh buat maenannya. mending jd tukang tes maenan aja de. kan itu kan lebih enak kan. heuaheuhauehaheuaheuah. oia, pd dasarnya sebenernya gw masuk ke kelompoknya lohan dan souza, and note this one, NO ARILFIRMAN. dan setelah mengetahui, menimbang, dan memikirkan, akhirnya gw memutuskan utk minta tukeran grup, alesan utama bukan krn di grup itu ada rana, tp krn gw lebih membutuhkan arilfirman utk skalian disambi ngerjain studpro yg notabene deadlinenya bikin gw stress ampe skrg, tp klo ga dikasi deadline beginian kaga bakal slesai2.

udah ah ngomonginnya. otak gw makin buteka aja ni. mending tu org kita gosip2an ajah. heuaheuhaueheauheu.

OIA, masalah gosip menggosip, si edisonch spertinya ada LALALALA dg asisten lab yg cewe, yg ga laen dan ga bukan adalaaaaahh…sodari bunga? heuhauehhaeuhaehea. soalnya gini, pas hari sabtu kemaren, terlihatlah mereka berdua sedang berjalan ke sebuah kondangan. WAIT A MINUTE, bunga dan edisonch berjalan bersama ke kondangan? waw, normalnya yah, yg ada di pikiran gw, klo misalnya ada lelaki dan wanita berjalan bersama ke kondangan, pasti ada LALALALA-nya. bukan bgitu? klo gw yah, akan menyambangin sebuah kondangan dg menggandeng seseorang yg gw anggep spesial, soalnya itu artinya adalah sebuah publikasi. ga mungkin gw pergi ke kondangan dan membawa aril ato firman? bakalan gw bilang “oh ini kacung gw. abisnya gw butuh kacung buat bantuin gw bawa makanan yg ada disini”
agak sedikit bodoh alesannya, tp drpd ga ada alesan laen.

okeh, cukup sekian curhatnya. mari kita udahan. soalnya curhat nebeng di komputernya rana.

Advertisements

selamat lebaran smuanyaaa

h-2 lebaran dan gw masi menatap kodingan dg indah serta memikirkan gmn caranya bikin search pke jsf. okeh mungkin itu masi bs dijawab, tp gmn klo searchnya itu ada 2 cara, satu byName dan satunya lg byPrice which might change everytime.
uda baca servletnya dg baik dan benar, trus baca lg kodingan rana dan gw masi ttp ga ngerti gmn cara buatnya.

skrg uda h-1 aja nih. bsk lebaran dan sekitar rumah uda penuh ama bunyi2 takbiran. wah seneng bgd de rasanya. uda gt td kan masak cotmak tuh. wah enaknyaaa, kan uda lama ga makan cotmak. sekarang uda kenyang de.

kodingan bisa ditunda dulu lah. masa lebaran2 masi aja melototin eclipse. ogah ah gw. eclipse gw shut down aja dan utk sementara gw libura dr yg namanya kodingan. mencoba utk menikmati liburan yg cuma sebentar ini. mungkin hari senen, jangankan senen, klo bs mah minggu malem klo bisa uda mulai ngutak atik jsf terkutuk ituh. duh susah pisan dah tu.

eniwei, dr kamarku nan tercinta uul ingin mengucapkan:
“stay away from ur filthy code for a while and enjoy ur great holiday, mates.
minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir batin. happy lebaran 1428 H”

sequence of events

is that a correct “judul” or i just get too much coding in my head? oke, eniwei, gw emg br sempet nyentuh ini blog lg skrg setelah berbagai macam kejadian which make me real busy at this time and also, note that i have one filthy assignment that must be done by 19th.
and that makes me say “HOLY COW” out loud.

mulai dr mana yah?
okeh, mari kita mulai dg membahas seorang dosen sinting bernama edison chindrawaly, which i thought i already told that before and his freaking filthy assignments.
kenapa gw sebut tugasnya dia sbagai sesuatu yg patut dikutuk? jawabannya cuma satu: because it kept me in SGU at SATURDAY NIGHT when i can do other interesting stuffs.
i simply call that INSANE and never want to experience it AGAIN.

apparently, si edichan (kinda cute yah?) kembali memberikan tugas yg berkenaan dg JSF, one of the from-heaven languages, yg setelah ditelaah lebih jauh ternyata berjuta2kali lebih sangar daripada JSP which already made me total FREAK.

fortunately (cocok ga yah sebutannya?) edichan berhasil menyadari klo maen2 dan membuat seorang uul sengsara itu adalah dosa besar (agak terlalu berlebihan mungkin). tp dia mungkin mengingatkan kembali pd pak alva dulu yg sempet bikin gw bt parah dan hampir ngamuk waktu quiznya yg bombastis ituh. and same like this holy-cow-guy, dia uda berhasil dan sukses membuat gw bt setengah mati ama tugasnya dia.
assignment 2 is never done, i guess and for assignment 3…oh well, segrup ama laura, willy, souza, apa yg perlu dikhawatirin? paling ga ada 2 turbo yg bs dijalanin sehingga tugasnya menjadi “cukup” ringan buat gw.

kejadian laennya adalah perginya yayok dr SGU ke NZ pd bulan ini.
buka puasa pd hari rabu kmrn di rumah yayok itu adalah salah satu kejadian paling menakjubkan yg pernah gw alamin. baru kli itu gw sama skli ga mikir ttg menumpuknya project dan tugas, instead i just play around.

pas nyampe dirumah yayok, ngobrol2 dan bedug maghrib berkumandang. pertama2 mari kita ngeteh dulu, glekglekglek, aaaahh enaknyaaa. celingakcelinguk ngeliat makanan, akhirnya marilah kita ambil somay ama sate. makan sambil ngobrol2 lalu kita solat maghrib dulu yaah.
abis sholat maghrib, emg dasar gw ga sanggup klo makan banyak2, akhirnya marilah kita maen kartu dulu.

pas lg asik ngakak2, mata tertuju pada puding tahu bersimbah fruit cocktail yg terpampang indah di meja makan. tanpa pikir panjang lg, langsung diambil tanpa tau malu, sebanyak yg gw sanggup. setelah nambah puding dan kenyang maen kartu, maka ikutlah kita bernyanyi2 bersama iqbal yg membawa gitar dr IT dept. puas nyanyi2, makan2, maen kartu dan sejuta gaya waktu di foto, sekitar jam 9 lewatan akhirnya mari kita pulaaang.

dan skrg otak gw masi puyeng and i think i detect some packet loss in reminding some past events. mungkin gr2 dimasukin data kebanyakan dan buffernya uda ga muat lagi. well, i guess i need to flow control the data yah so that i dont detect any packet loss.
fiuuh, guess i start to imitate what prof x said in comnet class.

apa lagi yaaah? <– contoh dr packet loss.
oia, yayok ngirim email ke milis yg ngebuat gw dan bebarapa cewe IT jd nangis dg sukses.
males ah ngomonginnya. ntar malah jd nangis lg.

banyak yah yg kejadian di smt 5 inih.
ntar klo ada waktu, gw tulis lg yah.