naiknya tarif tol

minggu ini sebenernya blm kuliah. ga ngerti sih libur buat apaan, tp intinya minggu ini libur dan gw br masuk kuliah tgl 3 besok.
enakan ngomongin tarif tol dulu apa kuliah dulu?

okeh, kita ngomongin tarif tol dulu.

uda banyak diberitakan ttg tarif tol yg tiba2 naek cuma krn ruas cikunir-jatiasih dioperasikan. surprisingly, tiba2 harga tol dr BSD-veteran melambung jd 10,500. HOLYSHOOT.
okeh, tdnya itu klo mo ke veteran gw cukup bayar 5000 doang dr BSD tp knp tiba2 cm gr2 ruas cikunir-jatiasih dibuka, gw harus bayar 10500? itu ga fair!!!

jd cerita itung2annya tu gini.
BSD – pondok aren = 3000
pondok aren – ulujami = 1500
ulujami – seterusnya sampe jatiasih = 6000 (pke sistem terbuka)
jadi ditotal = 10,500.

ngerti ga?
pihak jasamarga tiba2 seenak2nya aja memberlakukan sistem terbuka pd jalur lingkar luar yg artinya pembayaran dibayar diawal pas masuk tol, yg katanya sih biar mengurangi kemacetan di pintu kluar.

tp sodara2, coba dipikirkan. hal itu adalah sesuatu yg tidak adil bagi penghuni Pamulang-BSD-Bintaro seperti saya ini yg rata2 cuma keluar sampe veteran doang. padahal itu tol BSD adalah tol yg paling membantu selama gw tinggal di pamulang. dan 5000 ke 10500 adalah suatu jumlah angka yg cukup besar krn selisih 5500 itu masi bisa digunakan buat membeli makan dan nabung bagi mahasiswa sperti saya ini. haduhaduh, ngomongnya jd formal de.

eniwei, enihao, normal dong klo misalnya byk org yg ngamuk2 pas tau tarif tol jd naek ga wajar. tiap hari kedengerannya maki2 doang. gw j sebenernya ga pernah bs mikir sampe kyk pemikirannya org jasamarga ituh.
dan akhirnya gw mengambil kesimpulan: klo naekinnya dikit, kan korupsinya dikit jg kan yah.
enak ya jd pengusaha jalan tol. apalagi tol BSD yg tiap hari penuh dg org2 dg tingkat ekonomi menengah keatas yg muter2 lewat tol itu tanpa henti. gw jg mao tuh kedapetan duitnya.

setelah 2 hari yg mengundang protes keras dr masyarakat dan jg anggota DPR (gw yakin tu anggota rumahnya rata2 di BSD ato bintaro) akhirnya pihak jasamarga mengeluarkan suatu pernyataan:
“ada kesalahan perhitungan pd tarif tol lingkar luar. veteran tidak masuk dlm ruas JORR. jadinya harganya kembali normal. kami akan mengembalikan uang 6000 yg sudah dibayarkan masyarakat.”

oke. artinya dr pondok aren ke veteran harganya ttp 2000. tapi coba mikir de, apakah tu org di jasamarga bs seenaknya aja ngomong klo ada kesalahan perhitungan dan dg meminta maaf kyk gt masalah bs selesai begitu aja? ada berapa org sih yg bnr2 nyimpen karcis tol sehingga bs direfund lg? gw aja, jujur yah, biasanya lsg ngebuang begitu aja tu karcis. jdnya klo mo klaim gmn? ada jg yg untung para petugas yg jaga di pintu tolnya ituh. tu karcis smuanya yg dibuang di tong sampah diambilin lg trus di refund de. oia, selama 2 hari itu, brapa juta yg uda di dapet??

dan muncul lg diberita klo tarif tol akan naik per 4 september ini. dan katanya kenaikan itu sesuai dg undang2 dan perpu yg uda ditetapkan dan besar kenaekannya uda dihitung berdasarkan laju inflasi yg terjadi di tiap kota. jujur gw ga ngerti bgd apa itu inflasi, tp ya tolong dong jgn asal naekin tarif tiap 2 TAHUN. itu sih namanya perampokan besar2an.

kata gw sih, benerin dulu infrastruktur dr bangunan jalan tol itu sendiri dan tingkatin jg pelayanannya, baru de boleh naekin tu tarif. lha, ini jalan tol masi gradakgruduk ga alus (masi betonan, blm aspal), masi macet, banyak pedagang asongan, dsb, knp masi aja enkat dinaekin. uda gt alesannya katanya lg biar yg nanem invest di jalan tol makin banyak. ya iya laah, itu mah uda pasti. sapa sih yg ga mo nanem invest di jalan tol, tiap hari dpt berjuta2 dr mobil yg lewat. klo gw punya duit sih gw jg mao de nanem duit di jalan tol.

smoga aja tarif BSD-veteran ttp sperti biasanya. klo mo naikin sih gw wajar di kisaran 500-1000 aja lah, jd harganya sekitar 5000-6000 ajah. itu uda cukup mahal kok. apalagi yg lewat veteran itu banyak bgd tiap paginya.

duh uda kepanjangan ngomong ttg tarif tol. ngomongin ttg kuliah di postingan selanjutnya aja de.

Leave a Reply

