grave of the fireflies

sejenak gw berpikir klo isi blog gw cukup penuh dg bahasan ttg filem yg baru aja gw tonton, sperti skrg ini dimana gw baru aja nonton anime buatan studio Ghibli (spirirted away, nausicaa, dll) yg berjudul Grave of the Fireflies yg dibahasa-indonesiakan menjadi Kuburan Kunang-Kunang. tau kunang2 kan yah, serangga yg ngeluarin cahaya dr pantatnya itu.

film ini bercerita ttg kehidupan 2 org kakakberadik, seita(15) dan setsuko(5), yg ditinggal mati oleh kedua org tua mreka. dg mengambil latar belakang world war II di suatu daereah di jepang, ternyata berhasil buat gw jd nangis2 waktu nonton ni filem.

scene yg paling bikin gw nangis waktu setsuko meninggal. wkt itu seita lg pergi ke kota utk ngambil duit tabungan ibunya, dan skalian beli persediaan makanan biar setsuko dpt gizi yg bagus. ternyata pas balik ke rumah mereka (mereka tinggal di gua perlindungan) setsuko lg tidur dg tampang lemes dan mengulum kelereng (pura2nya itu permen). trus dia ngomong ama seita klo dia buatin onigiri buat seita walopun dr tanah, dan dia suruh seita makan onigiri itu. seita akhirnya nyuruh setsuko makan semangka selagi dia buatin nasi dan makanan yg bergizi laennya buat setsuko. tp sejak saat itu, setsuko tdk pernah bangun dr tidurnya lg.

hiks. hiks. hiks.
sedih bgd filmnya. sungguh bnr2 menguras aer mata.
pokoknya wajib tonton lah.

Leave a Reply

