hari kedua final exam

final OOP uda kelar loooh. hatiku uda tenang skrg. pertanyaan ttg pattern2 dan multithreading terkutuk uda diselesaikan dg cukup manis. niat dateng pd jam 8 pagi krn mao ngajarin si aa’ OOP, akhirnya malah dtg jam 9 krn telat pke acara haha-hihi dulu dirumah. belajar dan ngajarin ampe mabok, akhirnya pd sekitar 1 jam sebelom final mulai, which is jam 1 siang, panik mulai melanda jiwa.

nani: ul, muka lo lemes bgd sih.
gw: hah? iya apa, nan. biasa aja de perasaan gw.
firman: iya ul. muka lo tu lemes bgd.
aril: sini digampar dulu biar sangar lg. hehehehehhehehe.
gw: bused dah.

ternyata kepanikan menjadikan muka gw jd pucet dan kliatan lemes. kira2 jam 2 kurang 10 menit, uda boleh masuk ke kelas. duduk di tempat biasa kyk taun lalu, di meja uda terhampar kertas yg kliatannya tulisannya byk bgd. pengawas pd saat itu adalah Tim dan pak James. sebelom mulai, mari kita berdoa dulu…..

*doa…*

jam 2 tepat, bel berbunyi dan dibuka lah itu lembar soal yg menguak banyak misteri dr sifat asli pak basuki dlm membuat soal.

soal pertama: MULTITHREADING.
disuruh menjelaskan ttg race condition yg sayangnya engga gw tulis krn ga yakin ada race condition, synchronization sebagai penanggulangan dr race condition yg cuma gw tulis di dalem code, dan deadlocks yg gw jelasin dg kata2 gw sendiri yg diharapkan bs dimengerti oleh pak basuki.

soal kedua: DESIGN PATTERN.
ceritanya si basuki mo buat supermarket, trus di dalem supermarketnya byk item2, dan seterusnya dan seterusnya sehingga menghasilkan dikeluarkannya 5 pattern dlm contoh2 aneh.
no 1 gw sempet bingung pke pattern apa, yg akhirnya gw tinggalin dulu utk sementara. no 2, uda jelas pke strategy method krn masalahnya ttg susunan rak dan barang2 di dalem rak itu sendiri. no 3 SANGAT jelas skali klo itu ttg composite method krn critanya dia jual grosiran kyk di makro. no 4, cara ngecheck barang2 yg di rak itu dipakein iterator method yah, which is gw sempet rancu ama factory method. no 5, yg tambahan itu banyak yg bingung ama facade, tp akhirnya dg gagahperkasa dan dg keyakinan tinggi gw tulis jawabannya template method. kembali ke soal no 1, pd akhirnya gw tulis sbg prototype method dg asumsi waktu raknya dibuat, kita ga tau item2 apa aja yg mao dimasukin ke rak tersebut. yah pengertian klo rak itu adalah sebuah container which is sama dg panel itu cukup membantu lah.

soal ketiga: MELENGKAPI CODE
interface X
{
void f1();
}

interface Y extends X
{
void f2();
}

class A implements Y
{
void f3(){
}
/* this class is missing something */
}

dsb…
jawabannya,, lumayan ngarang laah. dan krn gw bingung pd akhirnya gw gambar aja UML diagramnya (ciecie…) biar si basuki ngerti. apa maksud dr tulisan dan penjelasan gw.

soal keempat: MELENGKAPI CODE DG METHOD BODY.
klo yg soal ketiga boleh dilengkapin tanpa method body, tp klo skrg harus dg method body. yah, hasil negosiasi dan tawarmenawar dg basuki yg berakhir gagal.

gw: pak, ini empty body aja kan yah.
basuki: mana? no 4? eh engga dooong. harus ditulis jg bodynya.
gw: lah, td katanya empty body aja.
basuki: iya itu yg nomer 3. yg nomer 4 mah harus ditulis bodynya.
gw: yeee, si bapak gmn sih.

setelah menyadari klo ternyata code yg di soal itu adalah sama dengan LineItem yg pernah dikoding, akhirnya sertamerta tanpa basabasi dan raguragu akhirnya gw buka di buku OODP bagian yg terdapat LineItem, yg ternyata pas dicocok2in hampir mirip persis sama. horeeee. aaah snangnyaaa.

slesai final, dag dig dug hilang. tertawa terbahak2, dan sungguh tenang dan bahagia hatiku ini. yah sebodo lah mo dapet brp, kan PASTI LULUS!!

hari kedua, dilangsungkannya final exam yg bertajuk ENGLISH. keadaannya? lebih parah dg OOP. soal yg dikasi susah2 bgd, dan waktu pertama kli liat, yg keluar malah istilah2 anak BA yg notabene gw sama skli ga ngerti. pas liat yg bagian ke-2, hadoooh, ini sumpah susahnya ga wajar. nyari kata2 salah dan sama skli ga gw duga klo itu adalah jawabannya. uda ah ngomongin englishnya. ogah mikirin lg. abisnya sebel siiih.

skrg mari kita belajar TORAA. biar bsk dpt mengerjakan dg lancar dan tolong itu yg namanya integer programming dimengerti dg benar yah. sama quiz2 jg dibaca aja lg. smoga bsk dpt berakhir dg baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s