amor fati

ada beberapa hal yg seharusnya dr dulu gw syukuri.
jujur, dulu gw kira masuk sgu adalah suatu hal yg paling buruk yg pernah gw lakuin. tp ternyata ga seburuk itu kok. maksudnya, klo gw masuk uni laen, mungkin aja ga bakal sebahagia ini dan mungkin apa yg gw dapet ga mungkin bs sampe sejauh ini.

like my man said: “ak heran klo ampe ada uni laen yg IT-nya sebagus sgu. klo ak di uni laen, bs sih berkembang, tp ga mungkin bs sejauh ini.”

and another thing i grateful for stelah masuk sgu, i think i’ve found someone i’ve been looking for. kesannya imaginary banged yah. sebuah fairy tale yg kyknya ga bakal kejadian di dunia nyata, klo lo ktmu seseorang dan at once lo lsg tau klo itu adalah org yg lo cari, walopun lo blm pernah denger suaranya sekalipun. well, paling ga itu yg kejadian ama gw waktu itu. saat gw pikir Tuhan jahat ama gw, ternyata Tuhan punya rencana laen yg jauh lebih baik buat gw.

rumit yah apa yg lo hadepin di hidup ini. lo ga dapet sesuatu yg lo mau, dan lo dg seenaknya mengutuk Tuhan ga fair ama lo padahal smua uda ada jalannya. Tuhan punya sesuatu yg lebih baik buat lo. kejadian yg gw alamin skrg ini yg bikin gw percaya klo Tuhan slalu punya yg terbaik buat kita.

a friend of mine once said: “di dunia ini ga ada yg namanya kebetulan ul. smua yg lo hadepin ini uda ada jalannya, uda ada rencananya duluan. walopun lo kira ktmu rana dan sesuatu yg lo lewat di otak lo waktu ngeliat dia pertama kli itu cuma sebuah kebetulan, gw bilang sih emg itu yg seharusnya kejadian. ga ada yg kebetulan di dunia ini.”

yah, apapun yg nani bilang itu, gw ga tau gmn benernya tp emg gw bersyukur bgd atas keadaan gw sekarang ini. well, drpd gw kebanyakan ngeluh trus malah jd ga bahagia, bersyukur atas yg gw dapet kan bisa bikin gw ngeliat hidup gw dr sisi yg lebih positif drpd hidup dg slalu mengutuk apa yg gw dapet.

Tuhan emg fair kok.

Advertisements

If You Rescue Me

salah satu yg lg gw suka bgd, mungkin selaen lagu uang ama lagu tipi.
love the lyrics “Hello, you’re my very special kittens”
hihihhihihihihi. reminding of someone who always call me kitten for the way he tease me.

Gael Garcia Bernal – If You Rescue Me

If you rescue me,
I’ll be your friend forever,
Let me in your bed,
I’ll keep you warm in winter,
All the kiddies are playing
and they’re having such fun,
I wish that could happen to me,
But if you rescue me,
I’ll never have to be alone again.
Oh the cars drive so fast
and the people are mean,
and sometimes it’s hard to find food,
let me into your room,
I’ll keep you warm and amused,
all the things we can do in the rain
If you rescue me,
I’ll be your friend forever,
Let me in your bed,
I’ll keep you warm in winter,
Oh someday I know
someone will look into my eyes
and say, “Hello, you’re my very special kitten”,
So if you rescue me,
I’ll never have to be alone again,
I’ll never have to be alone again,
I’ll never have to be alone again.

3-round composition function

kayaknya minggu ini sifat pemales ama rebellious gw lg kluar. buktinya banyak bgd yg ga biasanya gw lakuin, sperti contohnya:

1. essay br diselesein 1 jam sblm deadline.
2. kriuk2 makan bikin berisik, trus dimarahin ama basuki
3. blm install java yg bs generik class
4. sama skli ga nengok codingan project

yg nomer 1 mah emg krn gw sebel bgd ama si kudanilkutub itu yg tukang potong nilai essay. uda gt topic essaynya agak2 kurang minat dihati: gun ownership policy regarding to Virginia Tech Massacre. Kan uda baca perjalanan essay english di postingan yg sebelomnya kan, dan emg gw ngerjainnya asal2an. sebodo amat mo dpt brapa, toh gw ada niat buat ngancurin nilai english biar gw pindah ke kelasnya si mama jane.

masalah nomer 2 kyknya emg krn si basuki lg bad mood aja de. soalnya, katanya sih dr awal emg dia uda bawaannya sewot gt, gara2 byk yg masuknya telat gt katanya. sebodo teuing lah.

gw: kraus…kraus…kraus… *makan kripik pedes*
basuki: gmn mo ngerti. dengerin aja sambil krauskraus gt.
gw: *dlm hati* yeeee.. ada masalah pak? biasanya jg oke.
basuki: laen kli ga boleh ada yg makan waktu pelajaran.
gw: *masi dlm hati* apa kata lo dah.

dengan cueknya gw masi ngelanjutin makan dan buat essay dimana basuki lg ngejelasin yg namanya validating xml document ato mungkin uda berpindah topic jd composite function.

basuki: kmu ngerti um?
gw: uul pak.
basuki: iya ul. ngerti kmu?
gw: engga pak.

sebelomnya gw mo kasi info dulu. klo mo jelasin gw programming tu hrs pke kata2 yg bs ditangkep ama otak gw. jgn tiba2 ngomong composition, inheritance, dsb krn otak gw lambat dlm menyerap hal smua itu.

sebenernya otak gw tu cukup bagus dg processor centrino, cukup bagus kaaan. yg jadi masalah itu memory yg sama skli blm pernah di upgrade, memory gw kyknya masi kurang dr 128 mb. intinya, klo ngejelasin ke gw harus extra pelan dan dg kata2 yg mudah diserap otak. pke pengandaian (kyk yg biasa dipke ama rana klo lg ngejelasin gw) hal2 yg biasa gw alamin malah itu yg paling bagus.

oke. kembali ke basuki dimana dia lg mengalami ronde pertama ngejelasin uul programming dg kata2 yg belibet dan secepat kilat dg pengandaian klo uul beli sarden di makro, harga dr sarden yg uda dibungkus plastik itu merupakan harga dr total harga per kalengnya.

basuki: ngerti kmu ul?
gw: hue? mmm…. belom pak.
basuki: haduuh. klo gt kmu maju sini. duduk di depan.
gw: yah bapak. disini aja de.
basuki: engga. kmu maju sini.
gw: duduk lesehan aja yah.
basuki: yauda terserah kmu.

>> round 2 ngejelasin uul programming <<
dan mulailah dia ngejelasin dg pengandaian klo beli spidol seplastik, harganya itu total dr spidol yg ketengan. sebenernya yg gw ga ngerti tu kata2 dia yg pke kalimat kyk gini:
“jd kan pas bayar, saya panggil tu harganya brapa. nah dia manggil lg harga per satuannya”

dan uul bengong sodara2!!!

basuki: haduuuhh.. kmu tuh SMA-nya mana sih?
gw: eh.. 70 pak.
basuki: firefighters. ayo doong. kan 70 firefighters. masa gini aja kmu ga ngerti sih.
gw: eh iya pak.
basuki: sanur, *manggil laura* kmu ngerti kan?
laura: ngerti pak.
basuki: klo gt coba kmu jelasin ini ke 70.

dan ronde 3 ngejelasin uul programming diserahkan ke laura, mungkin krn basuki uda ga sanggup lg gmn caranya bikin gw ngerti.
dan laura mulai menjelaskan dg pengandaian klo beli mi satu dus di supermarket yg akhirnya bisa bikin gw ngerti walopun masi bingung soalnya harga kartonan bs jd lebih murah. tp gw diem aja krn bakal bikin gw dimarahin.

jd tau kan gmn susahnya otak gw mencerna suatu penjelasan ttg programming yg akhirnya gw lsg ngerti pas liat codingannya klo ternyata composition function itu adalah function yg dimethodnya di manggil function itu sendiri dan dlm kata laen itu adalah recursive function. ngomong gt daritadi kek, kan gw bakal ngerti dr kpn tau.

masalah install java 1.5.* kyknya ampe skrg blm berhasil krn installernya blm gw dapetin dan codingan project mungkin bakal gw liat hari jumat aja soalnya skrg gw mo ngebuat soal jerman buat si rana.

antara gw, java dan php

what’s the point of having a java/php programmer boyfriend?

oke, spertinya pertanyaan itu hrs gw simpen krn gw sendiri blm tau jawabannya apa. tp yg pasti paling ga sgala urusan gw ama codingan dpt terselesaikan dg baik tanpa adanya suatu rasa pusing kpala yg sangat mengganggu jiwa.

klo kata tmn2nya rana, keberadaan dia di dunia ini salah. yah walopun itu cuma term of joke yg berlangsung pd saat turnamen dota antar kamar kosan ditengah cacimakian mengenai siapa yg maennya paling buruk dan kebetulan ada gw sebagai komentator ga penting.

temen1: rana mukanya salah nyong… *nengok ke gw*
gw:……*senyum2 doang*
temen2: ah dia mah smuanya salah. an***g!! ternyata dr blakang. cib**!!!
temen1: eh tp ada satu yg dia ga salah *nengok ke gw lg*
gw:…..*bengong*

jd maksudnya gw itu cuma satu2nya hal yg bener dr dia? huehehehehhehe. mo gr jg boleh kan yah. toh temen1 ga bilang klo itu gw, jd gpp dong klo gw menterjemahkan itu sbg gw.

klo misalnya kata temen2nya dia keberadaan gw itu bener, trus segimana pentingnya diri gw bagi dia itu ternyata beda. pernah terjadi suatu percakapan antara cowo2 yg bnr2 private tanpa cewe, dan salah satunya gw dijadiin bahan omongan.

iyes: ran, mana yg lebih penting. uul apa codingan?
rana: codingan.
iyes dkk: HAAAHHH???
dan selebihnya gw gatau krn ga diceritain dg lengkap.

oke. that’s one of the point of having a programmer boyfriend. menyenangkan? kdg2 dengernya nyesek jg sih tp mo gmn lg, si rana emg bgitu modelnya. bawa enjoy aja lah.

eh ternyata topik sperti ini kluar lg ditengah2 obrolan ringan malem minggu diantara sepasang kekasih di dlm perjalanan pulang.

rana: kmu tau kan, aku tu lebih mentingin codingan.
gw: tau. kan waktu itu kmu pernah crita ke aku.
rana: iya, yg waktu itu iyes tanya ke aku.
gw: iya kok, masi inget. emgnya knapa?
rana: engga. yah soalnya emg aku orgnya bgitu. hal2 kyk bgitu tu sama skli ga bs kluar dr otak aku, kepikiran terus.
gw: he-eh…*masi dengerin dg seksama*
rana: kmu….eerrr….*bingung*
gw: yah asal kmu seneng mah gpp *senyum*
rana:…………………………………….*diem sambil nyetir*
gw: itu bukan sesuatu yg kriminal kan? maksud ak, bukan sesuatu yg ilegal. ya uda ak sih nyantai2 aja kok.
rana:…………………………………………..*masi diem, masi nyetir*
gw:…………………………………………….*senyum*
rana: sini….*meluk gw*

yah, paling ga gw uda denger sendiri pengakuan dr mulut dia yg sebenernya jarang crita ttg hal2 bginian ke gw, drpd gw denger dr tmn2nya dia trus malah jd yg aneh. kan klo uda jd gosip malah jd ga bener, dimana2 jg gosip ga ada yg bener.

moral dr crita ini adalah: GOSIP ITU GA ADA YG BENER.

perjalanan essay english

stelah nilai essay english terjun bebas, rasanya agak2 males klo uda mulai ada essay. dan krn yg ngajar si kudanilkutub itu pula gw males masuk kelas inggris.

sekarang hari slasa yg artinya bsk itu deadline essay, dan sampe skrg blm satu kata pun gw tulis, malah nulis blog.

niatnya mah dr kmrn pas pelajaran COA ato database mulai ngebaca bahan2nya, yg malah berakhir chatting dan ngoding project. lewat dr makan siang, uda sama skali ga ada niat buat nengok itu essay dan niatnya ntar aja pas uda sampe rumah kita hajar smuanya.

pulang kuliah, uda butek ama codingan krn entah kesambet setan dr mana tiba2 dosen2 IT jd pd demen bgd kasi quiz.

basuki: senen depan quiz yaaah.
gw: ga mau paaaaaakkk.
basuki: heh. kok ga mau sih. knapa?
gw: ga ngerti paak. binguuuuung. bapak ngomongnya kecepetan, otak saya ga nyampe.
basuki: mana yg bingung? kamu tanya doong.
gw: smuanya bingung pak.
basuki: haduh kamu ini…

dan akhirnya tetep aja rencana jahat quiz akan dijalankan pada hari senin. duuuh, kok ga pd sadar dosa sih itu dosen2 smua?
Laen basuki, laen pula yayok. tp yg namanya generasi mah sama aja smuanya, doyan kasi quiz.

yayok: minggu depan quiz yah. sampe session ama connect ke database.
gw: hah? 36 jam kan kak.
yayok: enak aja, 4 jam ajah.
gw: biasanya ampe jam 12. klo ngomong yg bnr dong kak.
willy: gmn klo 2×24 jam om?
yayok: bused dah. enak aja. saya kasi soal yg susah ntar.
souza: inget dosa kaaaak. ingeet dosaaaaa.
gw: kakak, ampe jam 12 de. biasanya jg bgitu.
yayok: klo gt tablenya ditambahin dong.

kentutkudaliar. itu dosen2 maunya apaaaa pula. mana gw ga pernah ngerti apa itu XML, kepanjangannya bukannya extra medium large yah? *ditimpuk ama basuki*

oke, balik lg ke niat bikin essay. stelah pengumuman indah quiz algor dan intranet dr para dosen2 iblis itu, akhirnya jam 3 kurang 10 (masi berlangsung acara ngoding indah php database connection dg yayok) gw uda mulai butek dan ntah knp migrain yg uda lama ga pernah gw rasain, tiba2 muncul kembali. sebenernya itu bukan pertama kli sih, emg akhir2 ini migrain gw jd sering kumat dan menghasilkan kecepatan mobil gw dibawah 40 yg jarang bgd gw lakuin.

sampe rumah apa yg dilakukan? tidur dooong. kepala uda migrain masa iya ga tidur, bisa2 otak gw tambah ngaco aja. kan jg perlu shutdown otak gw ini. akhirnya bangun jam stgh 6 sore. inget sih mo buat essay, tp krn perut laper yg sama skali ga memungkinkan utk mikir, akhirnya makan dulu aja ah. ternyata ga ada makanan di meja makan. inget ada ayam di freezer, akhirnya bikin ayam tepung aja de. tdnya sih tu ayam mo dijadiin chicken lemon barbeque, tp krn si ade mo makan ayam tepung biasa dan blackpepper blm sempet gw blender, akhirnya gw tepungin aja tu ayam.

gini cara masaknya:
1. dada ayam tanpa tulang di potong bentuknya sesuka hati.
2. lumurin dada ayam yg uda dipotong td pke aer jeruk lemon, pepper ama sedikit garem. biarin.
3. campur tepung terigu ama tepung sajiku. tau kan yah tepung sajiku. yah pokoknya tepung apa aja de yg uda ada bumbunya gt. jgn lupa telor dikocok lepas.
4. ayam yg td uda dibumbuin, balur pke campuran tepung.
5. masukin ayam ke telor, balur pke telor, balur lg pke tepung. intinya biar tepungnya tebel.
6. goreng di minyak panas sampe mateng.

hasilnya……

bgimana sodara2? kliatan enak? kyknya tampangnya agak kurang meyakinkan yah, tp ade gw doyan2 aja tuh. katanya mah enak. apa karena uda kelaperan yah jdnya smua makanan dibilang enak. hueheuhehehehhehee.

akhirnya skitar jam stgh 8an gw niat mao mandi, tp ternyata malah ngobrol ama nyokap ampe jam 8. pas naek mo mandi, di atas ada papah sdang ngutakatik emailnya dan gw ditanyain macem2 yg akhirnya bikin acara mandi gw ketunda lg dan jam stgh 9an br gw bs mandi.

abis mandi, niat bikin essay mulai tumbuh. baca artikel ttg virginia tech massacre, artikel ttg gun control ama ngeliat artikelnya si cho di wikipedia. eh krn inget ada kerjaan ttg XML yg sama skli ga gw ngerti, akhirnya dibuka jg si big java, yg malah tampbah bikin gw bingung. cari bantuaaaaannn…gw telpon lah rana yg uda master dlm hal codingmengoding dan ternyata lg ntah ngoding sesuatu, yg kyknya sih buat project database mengingat kyknya project sim-e uda slesai.

gw: aku mo tanya xml dong.
rana: iya. tp ntar yah. aku lg ngerjain sesuatu ni. tlp skitar jam 10an aja.
gw: oh yauda de. klo gt ak mo ngerjain essay dulu.

ada niat kan mo ngerjain essay. tp nyatanya skrg gw malah terdampar di mozilla sambil curhat. emg kyknya tu essay bakalan besok br bs slesai.